Jumat, 13 April 2012

JIMAT ITU ADA DIDEPAN KITA

Hari itu hujan gerimis rintik rintik, seorang lelaki berumur sekitar 30an berjalan menyusuri jalan setapak desayang becek, sambil mencincing celana dan tas dipundak. Bajunya agak basah terkena hujan. Karena kekelelahan,,,
Dia beristirahat dibawah pohon yang lumayan besar untuk berteduh , kalau dilihat dari penampilannya laki-laki ini seperti seorang eksekutif muda, kulitnya putih rambutnya tertata rapi , kalo jaman sekarang bisa disebut cowok metrosexual, sungguh aneh kalo orang bernampilan seperti itu berada didesa yang terpencil di atas gunung ,yang jalannya tidak bisa dilewati oleh roda 2 maupun roda 4.Ternyata maksud dan tujuannya laki-laki tsb adalah untuk menemui seorang Kyai yang terkenal akan kesaktiannya dan Tuahnya, informasi tersebut didapat dari seorang teman dikantornya.
Setelah menghabiskan  sebatang rokok Merk Terkenal, laki-laki itu melanjutkan perjalanannya selama 15 menit dan akhirnya menemukan alamat yang dituju. sebuah rumah yang sederhana yang terbuat dari bambu atau biasa disebut Gedek ,
"Assalamualaikum " seru laki laki itu sambil mengetuk pintu rumah
'Walaikum Salam... " sahut seseorang dari dalam , tak lama pintu dibuka dari dalam muncul seorang Kakek-kakek dengan pakaian sederhana, sarung dan baju batik
lengan panjang dan berpeci, meskipun udah uzur, terlihat kakek ini masih punya badan yg kuat.. mungkin setiap harinya beliau mencangkul disawah .

"Nuwun sewu mbah.. nopo niki leres ngriyane Kyai Slamet?? tanya Laki laki itu , sedikit keraguan dari dirinya karena biasanya seorang kyai punya pondok pesantren, santrinya banyak ,selalu memakai baju taqwa,peci putih dan memegang tasbih .
"engge nak, kulo Slamet.. sampeyan sinten ngge?? akhirnya laki-laki tsb memperkenalkan dirinya , dan langsung dipersilahkan masuk olek Kyai tesebut

"Buu.. iki onok tamu ..tolong ambilkan Teh Anget dan handuk bersih ya" seru Kyai Slamet kepada istrinya dan menyuruh laki-laki tsb untuk mandi karena badannya basah tersiram air hujan

Setelah mandi dan minum segelas air teh anget yang dihidangkan istri Kyai Slamet ,sambil menghembuskan asap rokok Tingwe (linting dewe).
Kyai Slamet pun bertanya " kowe nang kene tujuanmu opo le...???"
laki laki tersebut menarik kursinya agar lebih dekat  seraya berujar pelan "Pak Kyai saya kesini minta Jimat ..."
"Jimat gawe opo le ..."tanya Kyai Slamet
"Jimat agar Sales saya dapat memenuhi target perusahaan , Jimat agar saya lebih berwibawa , jimat agar rejeki saya lancar , jimat agar saya..." belum selesai laki laki tersebut berbicara sang Kyai sudah menyelanya.
"aku sudah mengerti le... opo seng koen karepnoh "ujar Kyai Slamet
Dalam pikiran laki-laki itu sudah terbayang bahwa dia akan diberi Jimat berupa keris, cincin, sabuk atau jenis jimat jimat yang lainnya dan membayangkan
Salesnya memenuhi target , punya wibawa dihadapan teman teman kantor .. naik pangkat ,uang banyak,rumah mewah, mobil keluaran terbaru ..wooowwww EXCELLENT !!

"Sekarang pulanglah ..Jimat itu sekarang sudah ada dikamar tidurmu le.. " kata sang Kyai
laki-laki itu bingung dan terheran-heran oleh jawaban sang kyai, tp teringat akan informasi teman kantornya bahwa Kyai ini adalah orang sakti mandraguna , mungkin saja Jimatnya bisa ditransfer dari tempat ini ke kamar tidurnya .
Setelah menghabiskan teh yang disuguhkan oleh istri kyai Slamet maka laki laki itu berpamitan untuk pulang . 
Perjalanan dari rumah kyai ke rumahnya memakan waktu 3 jam sesampainya dirumah jam sudah menunjukan pukul 22.00 Keadaan sudah sepi .setelah memasukkan sepeda motornya ke garasi dia tidak sabar untuk melihat jimat apa yang diberikan oleh Kyai tadi , perlahan-lahan dia masuk ke kamar tidurnya , hal yang sama yang dia lakukan setiap malam, Setiap harinya laki laki ini pulang malam , entah itu alasan alasan yg klise ..seperti Meeting , ketemu klien , ngejar Sales dsb
Dibukanya pintu kamar tidurnya , terlihat istrinya yang sudah terlelap tidur . segelas Teh yg sudah dingin ada dimeja disamping kasur yang sudah disiapkan oleh istrinya sejak dari sore tadi.
"ehmm dimana jimat itu berada ya " pikir laki laki itu, dibukalah lemari pakaiannya ,diubek ubek ternyata tidak ada.. dia mencari lagi dibawah kolong kasur juga gak ditemukan, bahkan segala  penjuru kamar tidur itu sudah di ubek ubeknya ,tapi hasilnya Nihil , tak terasa jam sudah menunjukan jam 01.00, karena kecapek'an menempuh perjalanan dari rumah Kyai dan mencari jimat tersebut akhirnya laki laki itu tertidur .
Seperti biasanya sang istri membangunkannya "Pa.. udah jam 07.00 nih , ayo bangun.. nanti telat masuk kantor lho , air hangat dan handuk sudah saya siapkan dikamar mandi, kalo papa sudah mandi, seragam kantor ada disini ya pa.." ujar si Istri
Dengan sedikit bermalas malasan akhirnya dia bangun dari kasur menuju kamar mandi. setelah membersihkan badan dan sarapan pagi, laki laki tersebut berpamitan .. "ma .aku berangkat kerja dulu .. nanti malam pulangnya telat...ada meeting soalnya "
si Istripun mengiyakan seraya membantu membawa tas laki laki tsb dan mengantarkankan ke pintu rumah " hati hati di jalan ya pa.. " ujar sang istri dengan senyum manisnya

Dalam perjalanan ke kantor ,"Kyai cap apa tuh ?? katanya Jimatnya ada dikamar ,dicari cari ternyata gak ada ..Dasar Kyai Pembohong, nanti sehabis pulang kantor akan kudatangi lagi neh kyai " gerutu laki laki itu
Setelah pulang kantor dia langsung menuju kerumah kyai tersebut .., sepeda motor dia titipkan ke salah satu penduduk desa tersebut karena jalan menuju rumah Kyai Slamet tidak bisa dinaikin oleh roda 2
Sesampainya dirumah kyai tersebut , Kyai Slamet sudah berada di depan pintu rumahnya seolah olah sudah tau bahwa laki-laki tersebut mau datang.
"Monggo pinarak le " sambutnya dimeja tamu kyai sudah ada 2 gelas teh hangat .
Setelah duduk laki laki tersebut menyalakan rokoknya dan bertanya " Pak Kyai ini gimana sih ..katanya jimat yang dijanjikan ada di kamar tidur saya sudah ada , kemaren saya ubek ubek kok gak ada ??
Kyai Slamet Tertawa pelan dan bertanya balik "masa sih le?? masa kamu ga tau ? jimat itu ada di depan matamu  tadi malam"
"Gak ada kyaii.." Tegas laki laki itu "SUMPAH !!! "

Sang Kyai pun tertawa lagi .. "santai le ..tenang ayo di minum tehnya dulu keburu dingin tuh " diminumnya teh tersebut , setelah sedikit tenang perasaan laki laki, sang kyai pun berkata 

"Begini le.. Jimat itu gak usah kamu minta , jimat itu sudah ada sendiri dirumahmu, Jimat itu adalah istri kamu yang setia menunggui setiap malam , yang membuatkan sarapan menyiapkan air hangat untuk mandi
dan selalu berdoa untuk keselamatanmu .kenapa jimat itu tidak berfungsi ?? karena kamu menelantarkannya, kamu tidak merawatnya ,kamu hanya sibuk dengan urusan yg kamu buat buat, kamu habiskan sebagian gaji
dan bonusan Sales  untuk berfoya-foya di tempat karaoke bersama purel purel yang cantik ataupun dengan selingkuh2anmu , sekarang pulanglah... meskipun Jimat itu sudah gak cantik lagi sudah gak seksi lagi seperti dulu tp perlakukan Jimat itu dengan semestinya ,karena jimat itu yang akan membawamu medapatkan target sales yg diharapkan perusaahaan,menambahkan kamu lebih berwibawa di hadapan orang-orang dan rizki yang berlimpah.. "

Dan laki laki itupun terdiam seribu bahasa , pikirannya menerawang jauh teringat betapa dia telah menyianyiakan istrinya selama ini .
Akhirnya dia pun berpamitan pulang kepada Kyai, sesampainya dirumah sudah jam 9 malam, diapun langsung menuju kamar tidur , dan seperti biasanya mendapati istrinya yang sudah tertidur lelap.. , dan laki laki ini mengecup mesra kening istrinya sambil berkata "Ma.. Maapkan aku ya ma... " sang istripun membuka matanya dan berucap " eh papa udah datang .. tumben pulang agak sore , gak ada meeting ya pa?? laki laki itu hanya diam dan merangkul erat-erat istrinya seolah olah tak mau kehilangan selama-lamanya .


DEDICATED FOR : istri istri yang setia dan sabar dalam mendampingi suami suaminya






   

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar